PERAN SANTRI DALAM MEMBUMIKAN AL-QUR’AN :: Pemilu Lurah Ma`had Al-Jami`ah, Pegantian Kepemimpinan Lurah Ma`had Al-Jami`ah STAIN Kudus Baru tahun Periode 2018/2019 :: Pelatihan Bahasa Inggris, Sebagai Media Pengembangan Mahasantri STAIN Kudus :: Matrikulasi Mahasiswa Bidikmisi 2017 :: Speech Contest, Ajang Pengembangan Bahasa Asing Mahasiswa Bidikmisi STAIN Kudus ::

Diklat Tutorial, Membentuk Tutor Pembelajaran Yang Berkompeten

Diposting oleh : Ma`had Al-Jami`ah
Kamis, 01 Februari 2018 - 10:42:23 WIB


Kudus. Menjadi guru atau tutor adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Perlu latihan dan belajar yang tidak sebentar. Karena tutor adalah profesi yang berkaitan dengan orang lain yang memiliki kerakter khas masing-masing. Untuk membekali tutor denga kehlian mengajar yang baik, maka Ma’had al-Jami’ah STAIN Kudus mengadakan kegiatan Diklat Tutorial Mahasiswa Bidikmisi.
 
Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis – Ahad, tanggal 23-26 November 2017, bertempat di Gedung Internasional STAIN Kudus. Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa bidikmisi STAIN Kudus angkatan 2015 dan 2016 yang berjumlah 163 orang. Peserta Diklat dibagi menjadi 4 devisi, yaitu al-Qur’an, kitab kuning, bahasa arab, dan bahasa inggris.
 
Peserta diklat digembleng dengan materi-materi yang mencakup tentang empat kompetensi guru atau tutor, yaitu kompetensi akademik, kompetensi paedagogik, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Dengan begini seorang tutor tidak hanya pandai dalam menguasai materi, tetapi juga ahli dalam mengajar, memilki kepribadian yang baik, dan juga mahir dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
 
Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk pribadi mahasiswa agar menjadi tutor teladan (qualified teacher), membantu tutor lebih mengenali kekuatan dan kelemahan diri atas potensi yang dimilikinya, membantu tutor untuk menemukan dan merawat motivasi hakiki sehingga memperoleh kekuatan ruhiyah untuk melaksanakan tugasnya, dan membantu tutor agar menjadi tutor inspiratif.




Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube